Review dan Resensi Novel Tentang Kamu - Tere Liye

Review dan Resensi Novel Tentang Kamu - Tere Liye

Judul : Tentang Kamu
Kategori : Novel
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Gramedia
Tahun Terbit : 2017
Halaman : 400 halaman

Tentang Kamu

Terima kasih untuk kesempatan mengenalmu, itu adalah salah satu anugerah terbesar hidupku. Cinta memang tidak perlu ditemukan, cintalah yang akan menemukan kita.

Terima kasih. Nasihat lama itu benar sekali, aku tidak akan menangis karena sesuatu telah berakhir, tapi aku akan tersenyum karena sesuatu itu pernah terjadi.

Masa lalu. Rasa sakit. Masa depan. Mimpi-mimpi. Semua akan berlalu, seperti sungai yang mengalir. Maka biarlah hidupku mengalir seperti sungai kehidupan.

Review Novel Tentang Kamu

Novel ini menceritakan seorang pengacara bernama Zaman yang mendapat tugas untuk membantu mengurus harta warisan seorang nenek bernama Sri Ningsih. Karena tidak ada informasi lengkap tentang wanita yang meninggal tersebut tentang kerabat dan asal-usulnya, Zaman harus menelusuri jejak hidup Sri Ningsih agar dapat membagikan harta warisannya secara adil.

Meskipun tokoh utama dalam novel ini adalah Zaman, sejatinya novel ini bercerita tentang kehidupan seorang Sri Ningsih.

Latar tempat novel diawali dengan wilayah London, kemudian diajak ke Paris, beberapa wilayah di Indonesia, dan kembali lagi ke London. Pembaca pun serasa seperti ikut mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Sri Ningsih lahir sebelum Indonesia merdeka, maka menyusuri jejaknya juga dipenuhi peristiwa sejarah. Ia juga merasakan akibat dari peristiwa PKI dan lainnya.

Hidup Sri Ningsih, tidaklah mudah. Tapi kesabaran dan usahanya adalah luar biasa. Ada empat bab penting dalam kehidupannya, yaitu kesabaran, persahabatan, keuletan, dan cinta.

Kisah cintanya tidak mendayu-dayu seperti drama korea. Tapi sangat menyentuh bagi saya. Ingin rasanya memiliki suami yang pengertian seperti Hakan.

Tentang Kamu. Adalah judul lagu yang dikarang teman-teman Hakan untuk menggodanya yang begitu mencintai Sri.

Ia adalah sosok yang kuat. Dalam usaha Zaman menelusuri jejak Sri Ningsih, orang-orang yang pernah bertemu dengannya dapat dengan jelas mengingat sosoknya. Bukan karena orang yang ditemuinya memiliki ingatan yang bagus, tapi karena Sri Ningsih adalah sosok yang akan diingat oleh siapa pun yang ditemuinya. Dia adalah sosok yang memberikan pengaruh positif terhadap orang-orang disekitarnya.

Salah satu hobi dari Sri Ningsih yang saya sukai adalah berkirim surat. Dengan kemajuan teknologi selama ini surat semakin banyak ditinggalkan orang. Tapi kesukaan Sri Ningsih mengirim kartu pos dari luar negeri sepertinya asik untuk ditiru.

Saya menghabiskan membaca novel ini selama dua hari. Terlalu penasaran dengan ceritanya. Jika tidak ada kewajiban bekerja, mungkin bisa habis dalam satu hari.

Ada banyak sekali hikmah yang bisa diambil dari kehidupan Sri Ningsih. Tapi layaknya manusia, tentu tidak serta merta kita akan bisa meniru segala sifat baiknya, seperti yang dialami Zaman di akhir cerita. Setidaknya ia mengmbil pelajaran dari kepandaian seorang Sri Ningsih.

4 komentar

  1. jadi penasaran saya sama cerita si Ningsih.

    asik juga ya kalo bisa jadi penulis novel. saya jadi kepengin.



    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ceritanya seru untuk dibaca dan banyak hikmah yang diambil.

      Kalo saya sih, belum kebayang bisa menulis novel. Sudah capek duluan membayangkannya, hehe.

      Hapus
  2. Tere Liye memang selalu menjadi penulis favorit saya. Lewat novel yang berjudul tentang kamu ini, kita disuguhkan oleh kisah hidup ningsih yang menurut saya penuh perjuangan, kisah tragis dan sedih, yang mana sangat layak untuk dijadikan sebagai tauladan. Aku suka banget sama novel ini, huhuhuh
    Salam kenal btw, Kreta Amura

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya juga suka banget dengan novel-novel Tere Liye. Semua jadi favorit, bingung pilih yang mana. Semua novel pasti ada hikmah dan pembelajarannya.

      Hapus


EmoticonEmoticon